Posted by : Kuroda_Kenta 1 Okt 2013

Oke, sekarang saatnya untuk ngepos sesuatu yang tidak berbau tutorial atau sebut saja non-Tutorial.
Sekarang, perhatikan gambar laptop Acer Aspire V5-471G:

Sebenarnya saya lupa darimana saya dapat gambar ini, yang jelas gambar ini saya dapat dari Google, bukan dari hasil foto kamera saya sendiri. (Kalo dipikir2 yang ngambil foto bentuk kepalanya malah keinget bayangan saya sendiri)

Laptop tersebut sebenarnya juga laptop impian saya, cuman seri-nya 471PG.

Namun, beberapa waktu yang lalu, saya teringat omongan teman saya beberapa tahun yang lalu saat masih SMP. Ia berkata bahwa Acer lebih cepat rusak. Maklum, dulu saya orangnya agak bodoh dalam menanggapi suatu perkataan, namun setelah dipikir2 lagi, lebih baik saya atasi, daripada menyebar kemana-mana layaknya virus.

Acer sendiri sebenarnya sebuah perusahaan dari negara Taiwan yang sudah berdiri sejak tahun 1976. Pada tahun 2012, Acer mendapat penghargaan sebagai "Vendor Personal Computer Terbesar di Dunia".

Di Indonesia sendiri, produk Acer menjadi merek Notebook No.1 selama 8 tahun dan No.1 untuk total PC selama 6 tahun di Indonesia. Beberapa penghargaan Acer lainnya yakni No.1 Customer Service berdasarkan survey SWA tahun 2011. Acer juga mendapat penghargaan lainnya dari beberapa pihak, seperti Top Brand, Best Brand, Reddot Design Award, T3 Gadget Awards 2013 dan lain-lain.

Sekarang mari kita berpikir secara logis. Apakah mungkin untuk sebuah produk komputer yang cepat rusak mendapat begitu banyak penghargaan? Tentu tidak.

Sebuah bukti kuat yang saya dapatkan dari Yahoo! Answers adalah sebagai berikut:

Personal Computer, Notebook, Netbook, bahkan Gadget sekalipun semuanya tergantung perawatan pengguna itu sendiri. Sekarang kita berpikir kembali, bagaimana jika seseorang yang mengejek pengguna Acer (biasanya disebut spAcer) dengan kata2 "Acer = Agak CEpat Rusak" memiliki laptop Apple kemudian dalam penggunaan laptopnya sendiri seperti:
- Laptop dibiarkan overheat (apalagi kalo fan laptopnya rusak + gk ada fan external)
- Saat laptopnya di dalam tas kemudian tas nya dibanting ato dilempar ke suatu tempat di rumahnya
Apakah kata-kata Acer = Agak CEpat Rusak masih berlaku?
Jelas tidak, orang tersebut malah mendapat rasa malu dari perkataan yang ia katakan. 

Dapat diambil kesimpulan lagi, bahwa perkataan-perkataan yang bisa saya bilang dalam bahasa Jawa-nya yaitu "gendeng", sebenarnya itu hanya MITOS belaka. Semua tergantung pada pengguna itu sendiri. Bila ia rawat dengan baik, memeriksa hardware dan sistem operasinya, Insya Allah, PC atau laptop yang ia gunakan bisa bertahan sampai 5 tahun ke depan.

Lalu bagaimana cara agar PC atau laptop yang kita gunakan awet? Berikut tips-tipsnya.

1. Rajin memeriksa hardware dan sistem operasi PC atau laptop Anda.
Inilah yang paling penting dalam perawatan sebuah PC atau laptop, terutama fan. 
2. Usahakan agar tidak overheat (bagi pengguna laptop).
Biasanya beberapa pengguna sering melalaikan hal ini. Overheat pada laptop adalah hal yang harus dihindari. Saya pernah bertanya dari seorang pegawai di Service Center ASUS, dalam jangka waktu pendek, suatu saat laptop itu bisa nyala dengan sendirinya  dan bila terus menerus terjadi, laptop itu akhirnya bisa mati total alias tidak bisa dinyalakan kembali.
Boleh digunakan lebih dari 2 jam, tapi Anda juga harus melihat kondisi lingkungan sekitar. Bila suhu ruangan Anda bisa dibilang lumayan panas, apalagi saat itu musim kemarau, penggunaannya saat siang hari, sediakan fan eksternal bila perlu atau menggunakan pendingin ruangan seperti AC.
3. Lebih berhati-hati bila Anda melakukan overclock prosessor.
4. Perhatikan saat mengisi baterai laptop.
Ayah saya pernah berkata bahwa saat yang tepat untuk mengisi baterai laptop yaitu saat baterai laptop sudah mencapai 25% atau kurang. Baterai laptop sebenarnya bermacam-macam, cuman yang saya ketahui hanya yang tipe Lithium.
5. Bila terjadi sesuatu yang janggal, baik hardware maupun OS, bawalah ke Customer Service terdekat. 
Sebenarnya tips2 tersebut keluar dari logika saya sendiri (?) dan masih banyak tips2 yang bisa membuat PC atau laptop Anda lebih awet.

Sekian, semoga post yang lumayan panjang ini berguna, terutama spAcer yang selama ini terhina =w=

Terima kasih,
~ PAC :v

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ペックのブロッグ :v - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -