Posted by : Kuroda_Kenta 14 Mei 2013


Seperti yg Anda lihat, ini adalah model 3D pertama saya. Meskipun hasilnya tak seberapa, yg penting sdh bsa buat :v

Banyak sekali aplikasi yg d gunakan utk membuat objek 3D, tapi yg saya ketahui hanya 3DS Max, Blender dan Autodesk Maya. Pertama kali mencoba membuat objek 3D, saya menggunakan Blender dan butuh sekitar 1 minggu utk memahami-nya (disertai video tutorial).

Dalam tutorial 3D Modelling ini, saya akan lebih fokus kepada Autodesk Maya, karena tools-nya lebih lengkap dan lebih nyaman utk d gunakan.
(Screenshot Autodesk Maya)

Mohon maaf sebelumnya, untuk link download Autodesk Maya, saya tidak menyediakannya. Silahkan Anda mencari link download-nya d situs lain atau d situs resmi-nya.

Seusai, mendownload, instal dan buka aplikasi Autodesk Maya
(Tampilan utama Autodesk Maya)

Sekarang, kita akan mempelajari fungsi tools pada Autodesk Maya yg ada d panel sebelah kiri Autodesk Maya.

Dari atas ke bawah:
- Select Tool: Tools untuk memilih objek, rusuk, sisi, sudut, dll.
- Lasso Tool: Tools untuk memilih objek dengan cara melingkari objek, rusuk, sudut atau sisi.
- Paint Selection Tool:  Tools utk memilih objek dengan kuas pemilih.
- Move Tool: Tools untuk memindahkan objek. Ada 3 arah yang bisa digunakan untuk memindahkan objek, yaitu X, Y dan Z.
- Rotate Tool: Tools untuk memutar objek dalam 3 arah, X, Y dan Z.
- Scale Tool: Tools untuk mengubah ukuran objek.
- Universal Manipulator: Gabungan dari Move, Rotate dan Scale Tool.

Untuk Soft Modification dan Show Manipulator Tool, saya masih belum bisa menjelaskan.

Dalam tutorial berikutnya, akan saya ajarkan fungsi-fungsi tools pada Shelf Tabs (yg ada tab general, polygons, surfaces, dll).

Itu saja dari saya.
Semoga tutorial ini bermanfaat.
Mohon maaf bila ada kesalahan pada post ini.
Sekian, terima kasih.

~PAC :v

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. coba dong buat tutot buat muka gw ga bisa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, saya akan membuat post-nya dan mempublikasikannya secepat mungkin

      *tapi jika anda ingin lebih cepat lagi, coba cari video yg diupload oleh vivoslibertos (utk wajah Semi-Realistic)

      Hapus

- Copyright © 2013 ペックのブロッグ :v - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -