Posted by : Kuroda_Kenta 18 Des 2013

Yep, berhubung di Facebook saya dapet pesanan lagi.....

Oke, saya terima

Mayoritas video pada YouTube adalah video gameplay atau walkthrough. Beberapa dari kita mungkin pernah berfikir bagaimana mereka bisa membuat video walkthrough dengan kualitas sebagus itu? Merekamnya dengan kamera? Tentu tidak.

Contohnya adalah saya. Saya terus mencari bagaimana caranya membuat video seperti itu. Dua tahun lalu tepatnya, saya mencoba berbagai aplikasi untuk membuat video semacam itu namun belum memuaskan. Kemudian, saya menemukan sebuah aplikasi bernama Fraps.

Fraps adalah aplikasi perekam aktivitas gaming yang bisa saya bilang cukup mudah untuk digunakan. Pada channel YouTube saya, saya sudah mengupload video gameplay Resident Evil 4 saya. Video tersebut juga merupakan hasil rekaman dari Fraps.

Sebelum Anda memulai langkah awal Anda dengan Fraps, tentu saja, carilah aplikasi tersebut. Sebenarnya aplikasi ini (seingat saya) berbayar. Kalau mau mencari yang ada cracknya juga tidak apa-apa, tapi...

INGAT!!!
Jangan bangga dengan aplikasi hasil crack! Berjanjilah suatu saat nanti Anda bisa membuat "simbiosis mutualisme" antara Anda dengan pihak Fraps

Saya menyarankan Anda untuk mengunjungi situs resminya pula agar Anda mendapat informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini. (English)

Setelah selesai mendownload, instal program tersebut (Jelas)

Kemudian, buka aplikasi tersebut!
Gambar di atas adalah menu utama dari Fraps.

Pada Fraps, tersedia 4 buah menu tab.
Tab General, sudah saya perlihatkan pada gambar di atas.

Pada Tab FPS, saya kurang begitu tau

Pada Tab Movies, berikut tampilannya
Ini dia bagian terpenting dalam merekam aktivitias gaming Anda nanti. Video Capture Hotkey adalah opsi yang akan mengubah tombol yang akan digunakan untuk memulai perekaman. Anda bisa melakukannya dengan meng-klik perintah yang ada di kolom tersebut dan tekan tombol yang ingin Anda gunakan untuk memulai perekaman (Ingat! Jangan sampai tombol yang Anda pilih sama dengan tombol yang biasa Anda gunakan dalam bermain game! Usahakan menggunakan tombol F8)

Video Capture Settings adalah opsi untuk mengatur kualitas video. Tentang Full-size dan Half-size, saya kurang begitu tau. Kalau yang 60 FPS, 30 FPS, saya harap Anda sudah tau.

Pada bagian Sound Capture Settings, pilihan tergantung Anda =w=

Nah, apakah Anda sudah mengunjungi situs resmi Fraps? Jika iya, perhatikan teks "Captures fastest with an NVIDIA GeForce or AMD Radeon graphics card" ! Teks tersebut berarti bahwa perekaman akan berjalan dengan cepat bila menggunakan VGA Nvidia atau AMD Radeon. Tentunya VGA tersebut juga tergantung pada performa mereka masing-masing. Bila VGA Anda kurang memadai, matikan opsi "Lock Framerate While Recording"!

Sekarang, Anda siap untuk merekam.

Buka game yang akan Anda mainkan! Contoh, saya akan bermain osu!
Jika Anda melihat angka berwarna kuning di pojok kanan atas window game, berarti game tersebut bisa direkam oleh Fraps. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua game bisa direkam oleh Fraps. Untuk mulai merekam, tekan tombol yang sudah Anda atur untuk merekam, misal F8.

Bila angka berubah warna menjadi merah, berarti Fraps sedang merekam aktivitas gaming Anda. Untuk berhenti merekam, tekan tombol untuk mulai merekam tadi.

Video Anda telah tersimpan pada direktori folder yang sudah ditunjukkan pada opsi "Folder to Save Movies in" pada menu tab Movies. Format video yang dihasilkan setelah merekam adalah .avi. Tentu saja ukuran filenya sangatlah besar, sehingga saya sarankan untuk mencari aplikasi untuk mengkonversi video tersebut menjadi video dengan ukuran yang kecil namun kualitas video terjaga (Tentu saja menggunakan format video yang lain).

Baik, itu saja dari saya.
Bila Anda belum jelas pada tutorial ini, Anda bisa bertanya pada kotak komentar di bawah.

Dan sebelum itu, ijinkan saya memperlihatkan video hasil rekaman Fraps


Sekian, terima kasih

~ PAC :v

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. kenapa yah yang ana gk ke rekam soundnya??
    ana pke pc gk pke laptop...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada masalah sama sound card agan
      Ato mungkin agan belum ngecek "Record Win7 sound" '-'

      *sebenarnya ana juga kurang tau banyak soal Fraps, jadi beberapa masalah belum tentu bsa kelar

      Tapi, semoga aja ini bisa membantu
      https://encodingtalk.com/threads/no-sound-when-recording-with-fraps-solved.198/

      Hapus
  2. Kok cuma ngerekam 30 detik doang sih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena Fraps yang Anda dapatkan masih versi Free. versi Free hanya bsa digunakan untuk merekam selama 30 detik saja. Untuk bisa merekam lebih dari 30 detik, Anda harus membeli Fraps atau mem-patch Fraps. Banyak situs yang menyediakan link Fraps dengan patchnya. Cobalah untuk mendownloadnya

      Hapus

- Copyright © 2013 ペックのブロッグ :v - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -