Posted by : Kuroda_Kenta 15 Agu 2013

Yah, begitulah. Bosan dan bingung
Itulah yang bikin saya bingung dan jarang nge-post di Blog

Okelah, lupakan. Masa lalu itu percuma diingat2 kecuali
yang menyenangkan :P

Baik, tutorial kali ini akan membahas cara membuat objek
dan mengedit-nya di Autodesk Maya

Tentunya, materi yang perlu dipersiapkan adalah:

- Laptop/Komputer (Sudah jelas)
- Autodesk Maya (Usahakan yang versi terbaru)
- Mouse (Mousepad juga bisa)
- Niat (Sudah jelas)

Oke, langsung saja kita mulai

1. Buka aplikasi Autodesk Maya. Setelah dibuka, akan keluar
window berikut ini. (Biasanya setelah loading ada 2 window,
satunya tentang video tutorial bagi pemula)
Window utama:












2. Ada 2 pilihan untuk membuat objek, yaitu "Polygons" dan
"Surfaces". Untuk tutorial kali ini, kita pakai "Polygons".


3. Sementara, kita pakai objek kubus dulu, biar lebih mudah.


4. Kemudian drag kursor untuk menentukan ukuran objek. Untuk
membuat kubus, drag sambil menekan tombol "Shift". Untuk balok,
tidak usah menggunakan "Shift". Saya buat balok dulu.



































5. Nah, setelah objek selesai dibuat, kerangka-kerangka pembentuk
objek sudah ada. Loh, kok cuma garis aja?
Tenang, ini karena option untuk menunjukkan sisi-sisinya belum aktif
Kita aktifkan dengan memilih opsi berikut ini.


Hasil:












6. Sekarang saatnya untuk memilih bagian objek mana yang akan diedit.
Pertama, tahan klik kanan mouse/mousepad.












Untuk tutorial kali ini, Anda cuma mempelajari bagian yg atas saja,
karena yg bagian bawah akan dibahas di tutorial selanjutnya.

Sekarang, kita pelajari opsi-opsi di bagian atas

- Edge: Memilih rusuk 1 objek.
- Vertex: Memilih titik sudut 1 objek.
- Face: Memilih sisi 1 objek
- Multi: Gabungan opsi ke-1 sampai 3
- Object Mode: Memilih 1 objek.

7. Oke, saatnya kita belajar mengedit objek. Kita mulai dari vertex dulu.
Tools yang berada di sisi kiri adalah tools untuk memilih bagian objek
dan pengedit bagian objek. (Untuk tools sudah dijelaskan pada posting
sebelumnya).

8. Sekarang, kita mulai dengan Move Tool. Ingat, pilih opsi vertex dari menu
yang saya jelaskan di langkah 6. Setelah memilih akan terlihat seperti ini.












9. Untuk menggerakkan, drag salah satu panah sesuai dengan arah yang ditunjuk
panah.

Bila ditarik ke arah panah merah:












Bila ditarik ke arah panah hijau:












Bila ditarik ke arah panah biru:












Silahkan Anda bereksperimen lebih lanjut tentang Move Tool ini, bisa vertex-nya
ditarik ke arah panah merah dan biru, atau mencoba opsi Face, Edge atau Object Mode

10. Sekarang menggunakan Scale Tool. Scale Tool juga bisa digunakan sebagai Move Tool
Caranya pilihlah dua vertex/ edge/ face/ object yang posisinya sejajar. (Saya
menggunakan opsi Edge pada langkah ini).












Kemudian, drag panah yang tegak lurus dengan vertex/ edge/ face/ object.
Hasil:












11. Untuk memperbesar edge/ face/ object, caranya adalah pilih satu dari opsi tersebut.
(Saya menggunakan opsi Face). Drag salah satu panah, tetapi jangan memilih panah yang
berada di depan opsi sebab tidak akan terjadi perubahan pada object. Nah, di tengah2
panah, terdapat kotak berwarna biru muda. Fungsinya adalah men-scale opsi dalam segala arah.
Menggunakannya juga dengan di-drag. Hasil:












12. Nah, yang terakhir adalah Rotate Tool. Biasanya objek ini kadang digunakan untuk membetulkan
arah object. Jadi ya, kalo bukan opsi vertex, edge ato face, ya object.

Oke, sekian tutorial ini saya bagikan pada Anda.
Dan berikut adalah hasil dari objek 3D yang saya buat beberapa hari yang lalu:












Bagi Anda yang ingin bereksperimen tentang tutorial membuat dan mengedit object ini...
IT'S FREE!!!

Sekian dari saya
Mohon maaf bila dalam tutorial ini Anda belum memahaminya
Bisa comment kalo belum jelas.

Terima kasih

~ PAC :v

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. thanks gan tutorialnya sangat bermanfaat.
    oya kalo bikin modeling karakter gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk modeling karakter, kita bisa pakai 2 cara..... tanpa sketsa dan dengan sketsa.....

      tanpa sketsa, artinya kita langsung membuat model karakter yang telah kita imajinasikan. sedangkan dengan sketsa dilakukan dengan cara membuat satu objek 3D 'plane', kemudian diberi 'texture' file gambar sketsa yg sudah kita sediakan. perlu diingat bahwa sketsa yg dimaksud adalah sketsa untuk 3 pandangan, yaitu depan, belakang, dan samping

      tentunya, kita juga harus tau bagaimana membuatnya

      Hapus
  2. gan bisa edit model dari file xfbin ga ?

    BalasHapus
  3. Mau nanya kalau untuk buat objek supaya bolong gimana?

    BalasHapus

- Copyright © 2013 ペックのブロッグ :v - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -